Friday, October 9, 2015

Tips Biar Proyekmu Berhasil Di Situs Penghimpun Dana


Disaat kalian punya ide menarik yang bisa dituangkan menjadi produk atau jasa, tantangan selanjutnya adalah menghimpun dana sebagai modal awal. Saat ini mulai banyak situs penghimpun dana (Crowfunding) yang mempertemukan penggagas dan pemberi modal.

Mari kita sebut saja yang sudah terkenal seantero ranah maya seperti Kickstarter dan IndieGoGo. Untuk di level lokal sendiri, ada situs penghimpun dana seperti Wujudkan.com dan Kitabisa.com.

Wadah atau tempat untuk mencari dana sudah ada, tinggal kalian yang harus berpikir bagaimana caranya produk atau jasa yang kalian tawarkan bisa dilirik oleh netizen dan menggerakkan mereka untuk menyumbang.

Hal tersebut tidaklah mudah, karena ada ribuan proyek yang setiap harinya butuh donasi. Tapi ada beberapa tips sederhana yang bisa kalian jadikan patokan untuk "menjual" ide kalian agar didukung banyak orang. Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Buatlah Gambar Proyek Yang Semenarik Mungkin.

Sebuah gambar produk yang kalian pajang pada situs penghimpun dana adalah kesan pertama yang akan dilihat oleh netizen. Apabila gambar yang kalian pajang kurang menarik, netizen pun akan malas membaca konsep dari proyekmu dan hal-hal lainnya.

Pastikanlah gambar produk yang kalian pampang punya nilai estetis yang tinggi, tak rumit, dan memiliki paduan warna yang pas. Harus diperhatikan juga resolusi dari gambar kalian. Jangan sampai kalian memajang gambar produk dengan kualitas foto buram atau pecah.

2. Penjelasan Yang Sistematis.

Jelaskanlah proyek kalian dengan sistematis dan sisipkanlah banyak unsur visual. Buatlah konsep atau latar belakang yang tidak bertele-tele dan jangan juga menggunakan bahasa ruwet.

Buatlah kemasan presentasi yang enak dibaca, dipandang, dan mudah dimengerti.

3. Buat Video Proyek Sekreatif Mungkin.

Tidak harus menggunakan modal besar agar video yang kalian buat terlihat elegan dan mahal. Kalian dapat membuat video yang unik.

Video yang kalian buat tidak harus berdurasi panjang. Yang terpenting dari video kamu adalah membuat netizen paham tentang konsep kalian. Sebab, beberapa hal kadang tidak bisa dijelaskan hanya dengan tulisan.

Kalian juga perlu menyisipkan keterangan atau judul untuk tiap-tiap fitur produk pada tayangan video. Hal tersebut akan membuat video kreatif kalian terakses oleh siapapun.

4. Selalu Perbaharui Informasi Produk Kalian.

Kalian harus selalu memperbaharui informasi terkait produk dalam proyek yang kalian kerjakan. Sisipkan lah foto atau video saat kalian memberikan informasi terbaru.

Apabila informasi kalian dilihat menarik untuk dibagi, netizen pun akan menyebar informasi tersebut. Sehingga akan semakin banyak yang tahu akan produk kalian. Dari hal tersebut, akan makin banyak pihak yang akan mendukung proyek kalian.

5. Libatkan Pendukung Kalian.

Dengan melibatkan peran dari pendukung, kalian dapat membuat pendukung kalian memiliki rasa keterikatan dari proyek yang kalian kerjakan. Misalnya dengan meminta saran dari mereka dalam menamai produk kalian.

6. Jangan Berpatok Pada Uang Saja.

Jelaskanlah bahwa apa yang sedang kalian lakukan adalah hal yang dapat berguna bagi orang banyak. Jangan biarkan mereka berpikir bahwa produk kalian berarti membeli barang yang nantinya akan usang.

Proyek yang terbaik adalah proyek yang tidak memberikan pengalaman berbelanja, melainkan menciptakan peradaban dan budaya baru.

7. Jangan Meremehkan Imbalan.

Berilah imbalan yang unik bagi para pendukung kalian. Hal tersebut dapat memacu hasrat mereka untuk terus tetap mendukung, dan bahkan dapat mendukung dengan nominal yang besar.

No comments:

Post a Comment