Wednesday, September 30, 2015

Tips Memperkuat WiFi

Koneksi yang buruk dari WiFi dapat membuat penggunanya merasa tertekan, terutama ketika Internet menjadi bagian kegiatan sehari-hari. Mulai dari soal pekerjaan hingga soal hiburan.

Tetapi kalian tidak perlu panik apabila koneksi WiFi di rumah mendadak melambat. Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah mengecek router yang kalian gunakan. Karena mulai dari posisi sampai pengaturan router, akan sangat berpengaruh pada kuat atau tidaknya koneksi WiFi.

Pada saat kalian mengecek router, pastikanlah kalian mencoba tips sederhana ini.



1. Cek Posisi Router

Mungkin terkesan hal yang sepele dalam mengecek posisi sebuah router, tetapi hal tersebut efeknya bisa sangat besar. Karena router bekerja mengirimkan sinyal ke semua arah dan sebaiknya letakkan router di bagian tengah ruangan.

Sinyal yang dikirimkan router akan menjadi sia-sia apabila diletakkan di samping jendela. Karena sinyal akan dikirimkan keluar dan tidak menjangkau seluruh bagian ruangan.

2. Letakkan Di Tempat Yang Tinggi

Posisikan router di tempat yang tinggi, semisalnya lemari. Karena router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah dan posisi yang lebih tinggi akan sangat menguntungkan. Selain itu, lantai yang mengandung beton, semen, dan logam akan sulit ditembus oleh sinyal WiFi.

3. Letakkan Di Tempat Khusus

Sebaiknya kalian meletakkan router tersebut di dalam ruangan yang sering kalian gunakan saat menggunakan Internet. Karena sinyal WiFi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan tempat kalian meletakkan router tersebut.

4. Pilih Tempat Terbuka

Banyak bahan yang dapat mengurangi sinyal Wifi dan mengurangi kinerjanya. Pilihlah posisi yang bebas himpitan serta membuat router tersebut dapat terlihat dari mana pun, dan sebaiknya tidak meletakkan router antara mebel yang berukuran besar atau dinding.

5. Jauhkan Dari Elektronik Lain

Perangkat apapun yang menghasilkan gelombang elektromagnetik dapat menggangu dan melemahkan sinyal WiFi, maka dari itu jauhkanlah router kalian dari perangkat elektronik seperti televisi, telepon nirkabel, microwave, dan perangkat elektronik lainnya.

6. Antena Tegak Lurus

Posisi antena router yang vertikal tegak lurus akan membuat sinyal terpancar secara horizontal, sehingga membuat sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

7. Cek Kekuatan Sinyal

Saat mengecek kekuatan sinyal, kalian dapat memetakan bagian mana yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lemah. Ada juga sejumlah aplikasi, seperti Cloudcheck atau Amped yang dapat digunakan untuk mengecek sinyal.

8. Atur Pengaturan Piranti Lunak

Memasukkan pengaturan tertentu di dalam piranti lunak router, dapat juga mempercepat koneksi WiFi. Akses menuju pengaturan piranti lunak tersebut dapat dibuka melalui IP khusus. Biasanya ada panduannya yang disertakan dalam kotak pembelian.

Setelah kalian dapat mengakses menu pengaturan, ubahlah channel frekuensi router tersebut. Biasanya terdapat 14 channel yang dapat kalian pilih dan channel terbaik adalah 1, 6, dan 11. Ketiga channel tersebut cenderung minim gangguan dikarenakan jarang bersinggungan dengan channel yang digunakan orang lain.

Selain dari pengaturan channel, cek juga pemutakhiran firmware. Pembuat router biasanya akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja pada perangkatnya.

9. Lakukan Speed Test

Untuk mengetahui letak masalah dalam koneksi kalian, lakukanlah speed test. Untuk melakukan hal tersebut, cobalah melakukannya dengan koneksi WiFi, lalu kemudian lakukanlah hal serupa dengan menggunakan koneksi kabel. Jika keduanya sama-sama buruk, berarti masalahnya ada pada penyedia layanan Internet kalian.

10. Beli Perangkat Baru

Bila semua cara sudah kalian coba dan sudah memastikan masalah bukan berasal dari penyedia layanan Internet, maka jalan terakhirnya adalah beli router baru.

No comments:

Post a Comment