Wednesday, September 30, 2015

Tips Sederhana Amankan IPhone


Ada beberapa tips sederhana berupa langkah-langkah untuk amankan perangkat iPhone bagi pengguna baru yang disebarkan oleh Symantec.

Langkah 1. Mengaktifkan Pembaca Sidik Jari Touch ID

Aplikasi pembaca sidik jari yang ditanamkan langsung ke dalam ponsel iPhone 5s, 6, dan 6 Plus untuk mengontentikasi penggunanya adalah Touch ID.

Aplikasi pembaca sidik jari tersebut bisa digunakan untuk membuka kunci iPhone dan melakukan pembelian melalui iTunes, App Store, dan Apple Pay.

Kalian juga dapat mengaktifkannya nanti pada menu Settings, apabila kalian tidak mengaktifkan Touch ID disaat pengaturan awal perangkat iPhone kalian.

Walaupun kalian tidak memiliki tipe iPhone terbaru, pastikanlah untuk mengaktifkan passcode pada perangkat iPhone kalian.

Berdasarkan survey terakhir yang dilakukan Consumer Reports, hanya terdapat 36% dari pengguna iPhone yang mengaktifkan passcode, dan sementara 34% lainnya tidak melakukan apapun untuk mengamankan perangkatnya.

Langkah 2. Gunakan ID Apple Yang Kuat Dan Unik

Untuk melakukan pembayaran pada iTunes dan App Store, diperlukan ID Apple. ID Apple juga sangat diperlukan pada saat ingin mengaktifkan fitur-fitur iCloud pada iPhone atau iPad kalian. Kata sandi tersebut sangatlah penting, jadi pastikan kalian menggunakan kata sandi yang terbaik.

Pihak Apple juga memiliki persyaratan kata sandi dasar untuk digunakan pada ID Apple, termasuk penggunaan satu huruf kecil dan besar, satu angka, dan minimal delapan karakter. Kalian juga dapat meningkatkan kekuatan kata sandi tersebut dengan menggunakan lebih dari delapan karakter yang sesuai dengan persyaratan minimal.

Serupa seperti halnya kalian yang tidak akan menggunakan kunci yang sama pada saat membuka pintu rumah dan kendaraan kalian. Sebaiknya kalian juga tidak pernah menggunakan kata sandi yang sama pada lebih dari satu akun.

Langkah 3. Gunakan Verifikasi Two-Step

Walaupun kalian sudah menggunakan kata sandi, hal itu belumlah cukup untuk melindungi kalian. Symantec merekomendasikan penggunaan verifikasi two-step.

Sekali kalian mengaktifkannya, verifikasi two-step akan melindungi ID Apple dan data iCloud kalian dari akses penyerang dengan username dan kata sandi kalian. Verifikasi ini juga dikenal sebagai otentikasi dua faktor yang merupakan penambahan lapisan perlindungan untuk ID Apple kalian.

Pada dasarnya, untuk dapat masuk ke akun kalian dan membuat perubahan didalamnya, mereka membutuhkan lebih dari sekedar kata sandi. Mereka juga membutuhkan kode verifikasi untuk dikirim ke salah satu perangkat terpercaya - phisher pasti tidak mungkin memilikinya.

Untuk dapat mengaktifkan verifikasi two-step tersebut, masuklah ke ID Apple kalian dan pilih Password dan Security. Kemudian kalian akan diminta untuk meregistrasi satu perangkat yang terpercaya, seperti ponsel atau tablet kalian.

Pastikan juga kalian mencetak sandi pemulihan Apple jika suatu nanti kalian mengganti perangkat iPhone baru, kehilangan ponsel kalian, atau tidak memiliki akses langsung ke perangkat dan perlu login ke akun kalian.

Baca juga : Tips Memperkuat WiFi



No comments:

Post a Comment