Monday, September 28, 2015

Tips & Trik Memperkuat Sinyal Ponsel

Mungkin dari kalian sering mengalami saat sedang menelpon seseorang, tiba-tiba koneksi terputus. Setelah di lihat, ternyata sinyal operator yang kalian gunakan sedang melemah.

Bila hal seperti itu terjadi, cobalah kalian cek kekuatan sinyal telepon di sekitar kalian dengan salah satu cara melihat gambar sinyal yang terdapat di ponsel. Namun gambar sinyal tersebut hanya sekedar indikator saja dan tidak mutlak benar. Pasalnya, hingga saat ini tak ada standar yang mengatur jumlah bar sinyal pada sebuah ponsel.

Artinya bisa saja sinyal dua bar di ponsel merek A ternyata lebih kuat dibandingkan dengan sinyal yang terdapat dalam ponsel B.

Ada cara lain untuk mengecek kekuatan sinyal bila menggunakan ponsel Android. Kalian cukup masuk kedalam menu Setting, kemudian About, lalu pilih Network. Kekuatan sinyal akan ditampilkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Bila kalian menggunakan iPhone, cobalah untuk menekan *3001#12345# pada dial pad. Kamu akan dibawa masuk ke menu Field Test dan tampilan sinyal akan berubah menjadi satuan dBm.

Sinyal pada -100 dBm menandakan kalian mendapatkan sinyal dengan kualitas yang terburuk. Sedangkan sinyal pada -70 dBm menandakan kalian mendapatkan sinyal dengan kualitas yang sudah baik.

Nah setelah kalian punya akses untuk mengecek kekuatan sinyal, cobalah beberapa langkah berikut ini untuk memperkuat sinyal yang kalian dapatkan.

1. Buat Peta Sinyal

Seandainya kalian sedang berada di dalam rumah, cobalah kalian membuat denah rumah dalam bentuk sederhana. Kemudian nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal.

Selanjutnya kalian berjalan dari satu titik ke titik lainnya di dalam rumah untuk mengetahui beberapa kekuatan sinyal yang kalian dapatkan dari titik yang berbeda, kemudian tandai setiap titik yang lebih mendapatkan sinyal kuat.

Dengan cara tersebut, kalian akan jadi lebih mudah menentukan titik mana saja yang memiliki sinyal kuat.

2. Airplane Mode

Pasang Airplane Mode selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Cara tersebut akan mengatur ulang koneksi ke jaringan operator seluler yang kalian gunakan.

Selain itu, bisa saja ponsel kalian akan terhubung pada pemancar sinyal yang lokasinya dekat dengan lokasi menelpon. Dengan demikian, sinyal yang diterima oleh ponsel kalian akan lebih kuat dan suara saat menelpon pun jauh lebih jernih.

3. Buka Jendela

Jika kalian berada di dalam rumah dan merasa suara putus-putus saat menelpon, cobalah untuk membuka jendela di ruangan tempat kalian berada, kemudian berdirilah di dekat jendela tersebut. Nah, jika suara putus-putus terjadi ketika kalian berada di dalam mobil. Lakukanlah hal yang sama.

Dengan cara itu, sinyal yang dipancarkan dari luar ruangan akan dapat ditangkap oleh ponsel tanpa harus menembus penghalang.

4. Cek Baterai

Kalau SMS atau pesan lainnya yang kalian kirimkan ternyata delay, cobalah  untuk cek baterai ponsel. Untuk smartphone biasanya akan menerapkan mode penghemat daya jika baterai tinggal sedikit.

Bisa saja dalam mode penghemat daya akan memutuskan sementara koneksi ke jaringan. Karena memang untuk memindahkan koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain akan memakan banyak daya.

Kalau ternyata masalah sinyal ponsel disebabkan karena hal tersebut, kalian cukup charge ponsel kalian dan masalah pun akan selesai.

5. Dekati Pemancar Sinyal

Ada sebuah aplikasi di ponsel android yang bernama Open Signal. Aplikasi tersebut dapat dipakai untuk mengecek beberapa menara pemancar sinyal di sekelilingmu.

Bila panggilan suara putus-putus atau pengiriman SMS delay, kalian dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk mencari pemancar terdekat dan kalian bisa berjalan mendekat ke arahnya. Dengan demikian, kalian bisa mendapatkan sinyal yang lebih kuat dan otomatis koneksi ponsel mengarah ke pemancar itu.

baca juga : Tips Cepat "Charge" Ponsel

No comments:

Post a Comment